PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, MANFAAT, DAN KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN MOBILE COMPUTING


Pengertian mobile computing

    Mobile Computing adalah desain transmisi data, suara, informasi media lainnya seperti video, tanpa menggunakan media perambat fisik atau kabel, terhubung dan saling berkomunikasi melalui gelombang radio.Perangkat seluler dapat terhubung dengan memanfaatkan konektivitas tanpa kabel pada perangkatnya yaitu melalui akses wifi. Telepon seluler menyediakan paket layanan yang dapat dihubungkan pada akses jaringan lokal (LAN) atau skala yang lebih luas yaitu internet.

 

Sejarah Mobile Computing

Muncul pada tahun 1970-an di mana pada saat itu peneliti Xerox PARC bernama Alan key menciptakan konsep komputer jinjing yang diberi nama Dynabook, namun idenya tidak berkembang karena tidak terdanai.Berlanjut ke tahuan 1980-an the Osborne merilis Laptop untuk konsumen pertama yang hanya menampilkan 52 karakter per-baris teks pada layar. di tahun yang sama Epson mulai menjual HK-20 yaitu komputer portabel dengan resolusi 120 x 32 inci, di mana pada saat itu lebih dianggap sebagai komputasi Mobile karena baterai cepat habis. 

Tahun 1990-an, intel merilis Prosesor 20MHz 386SL di mana CPU tersebut menjadi pertama yang dirancang khusus untuk komputasi seluler, dengan menampilkan fitur manajemen daya dan mode tidur. Perkembangan terus berlanjut di mana tahun 1993-an, IBM simons dirilis dan menjadi Smartphone pertama, tahun 2002 PC tablet dari Microsoft lahir dan Research in motion memperkenalkan Blackberry pertamanya.  Perkembangan sekarang smartphone android dan ios masih berada di puncak.


Jenis Mobile computing

    Ada Beberapa jenis perangkat  yang saat ini digunakan, sudah jarang digunakan atau sedang mengalami perkembangan untuk menyajikan model konsep terbarukan, berikut beberapa di antaranya:


1. Smartphone  (Ponsel Pintar)





Perangkat gabungan ponsel dengan fitur komputer yang menjadi satu, di mana pengguna dapat berkirim informasi tidak hanya melalui SMS, namun melalui email dapat dilakukan. Perangkat cerdas yang dikatakan sebagai komputer mini ini dapat menjalankan tugas seperti menginstal aplikasi, berkirim aplikasi dan file data yang dapat mempermudah tugas dan kinerja.


2. Portabel PC




Bentuk komputer yang disederhanakan serta memiliki fungsional yang serupa dalam menjalankan tugas dan operasi, contohnya seperti Laptop dan Notebook. Perbedaan dengan komputer dekstop hanya pada ukuran dan penyesuaian terhadap beberapa perangkat keras yang mendukung pembangunannya.


3. Personal Digital Assistants (PDA)




PDA adalah perangkat genggam yang menggunakan elemen komputasi, dan jaringan dalam satu perangkat.tidak dapat berfungsi seperti perangkat seluler seperti biasanya, namun pengguna dapat menggunakan fitur tulisan tangan dan beberapa dapat mengenali teknologi pengenalan suara, sayangnya teknologi ini jarang terlihat karena sudah dianggap usang untuk saat ini.

 

4. Wearable Computer




Perangkat teknologi yang dapat dipakai oleh pengguna, seperti jam, pakaian, sepatu, topi dan lainnya yang di berdayakan dengan sistem komputer. Perangkat canggih ini memungkinkan pengguna untuk dapat menangkap momen seperi photo, video, membaca email dan menanggapi pesan suara, contohnya seperti Apple Iwatch, dan Google glasses.

 

Manfaat Mobile Computing

Tentunya dengan fitur dan konsep kerja yang diberikan, ada banyak sekali keunggulan dari pemanfaatannya, di antaranya:

  1. Memberikan konektivitas secara real-time dan mendapatkan akses ke sumber daya setiap saat.
  2. Dapat berinteraksi dengan pengguna melalui jaringan internet, hal itu sangat berguna untuk membangun relasi bisnis dengan pelanggan dan keterlibatan sosial lainnya.
  3. Pembangunan penggunaan dapat disesuaikan secara personal dan sesuai dengan apa yang benar-benar dibutuhkan.
  4. Meningkatkan produktivitas dengan daya dukung yang luar biasa terhadap beberapa instrumen.
  5. Dukungan Cloud computing, di mana data tersimpan pada Server yang dapat diakses kapan saja.
  6. Dapat menjadi Media hiburan yang cukup mengasikan.

 

 Kelebihan dari mobile computing diantaranya :

  1. Ubiquity: pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja.
  2. Security: pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart card-nya itu sendiri. Sehingga dapat digunakan sebagai secret authentication key.
  3. Localization: memungkinkan diterapkannya location based services.
  4. Convenience: ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.
  5. Personalization: handphone merupakan perangkat yang bersifat personal, sehingga memungkinkan untuk menawarkan layanan / produk yang bersifat personal.


Kekurangan dari mobile computing :

  1. Keterbatasan perangkat.
  2. Tingkat keberagaman perangkat, jaringan dan operating sistem yang sangat tinggi, membutuhkan standarisasi platform antar vendor.
  3. Tingginya tingkat kehilangan / pencurian handphone ataupun laptop.
  4. Bertambahnya tingkat kerawanan terhadap security ketika data ditransfer melalui air interface.

 

 Kesimpulan

Mobile computing adalah Teknologi perangkat Nirkabel yang dapat melakukan tugas transmisi data, suara, informasi media seperti video. Mobile sendiri merupakan perangkat seluler yang dapat meningkatkan produktivitas, konektivitas dan dapat menjadi media hiburan.

 

Komentar